Chimu pergi ke kota: Let’s cabut, mak!

Askum semua……..

wiw… seminggu ke jkt pengen bagi2 oleh2. sebagai orang udik yang beradab aku gak bikin malu di ibu kota. takut ditimpuk sama bapak kota. paling engga aku gak lupa kalo wastafel itu bukan buat bok*r dan numpang mobil sodara duduk di jok, gak masuk bagasi lagi.

ceritanya nih, anak laki2 dari adik perempuan tiri bapak dari ibu saya (bingung ya?? waduw… saya aja bingung kok! udah…. pasrah aja, baca terus aje yeh!) jadi manten. tapi tit*tnya gak dipotong. cuman dicukur aja kali ya…

bukan manten sunat, gitu maksudnya. (duh, masa gitu aja gak nyambung sih? kan saya garing jadinya :()

jum’at sore, aku cabut dari jember naek bis. bareng ibuk, sama ibu+adeknya si manten laki. pas di terminal masih sejam sebelum berangkat. gak tau tuh ibuku emang jaga2nya banget. takutnya sih ntar ketinggalan bus. tapi kalo nungguin sejam juga jamuran…
walhasil, jam 5 kita uda nyampe terminal. ternyata busnya udah siap, dah keluar kandang, siap cabut. walah… apakah diam2 ibuku punya bakat nujum? jangan2 buyutku mama loreng ato ki joko bodo (bagi yang bapaknya bernama bodo maapkan daku. takutnya kalo diganti susilo ntar aku ditimpuk pak esbeye). dan setelah merenung sekian lama mengapa keputusan ibuku berangkat sejam lebih awal gayung nyantol sama keberangkatan bus yang juga maju itu… aku ngambil kesimpulan.

paling2 cuma kebetulan.

kami berempat naek aja ke dalem bus yang masi belum penuh. milih tempat duduk di belakang sopir ah, dan jadilah aku duduk manis nungguin si sopir ampe bangkotan. mungkin saking lamanya nungguin sopir, tiba2 aja ibuku menatapku lurus-lurus. dengan mata berkaca2 dan hidung memerah serta bibir bergetar dia berkata: ‘bisnya kok jelek amat ya? kita turun aja yuk. tungguin bus yang berikutnyah”

‘apahhhh??? setelah bangkotan duduk nungguin sopir nahan2 bau bis yang gak enak demi menjaga barang bawaan yang berharga (baju ganti tak lupa beha dan sidi), kita turun gitu ajha? maksut loh?’

berhubung ibu lah yang berkata akhirnya ku jawab saja: ‘hah? oh.. ya ya.’ sambil ikutan nurunin barang trus jalan ke kursi tunggu sambil gak habis pikir.

ternyata, nenekku udah biasa naek bus jurusan jogja dan bilang ke ibu kalo bus itu berangkatnya jam enem. ibuku bilang, ‘bisnya enak kok kata nenek.’ ‘hah, bisnya enak? emangnya nenek makan bis? pantes gignya pada ilang’. ‘iya. nenek makan bis!’

ga bo’ong? nenek makan bis?
iya, gak bo’ong
bis apaan?

biskuit

Jah. jadinya di kursi tunggu kita mo nungguin bis-yang-katanya-jam-enem-dan-enak itu di kursi tunggu. tapi tiba-tiba otakku jadi bekerja normal, dan membuat diriku berkata dengan bijaksana seperti pak esbeye kasih pidato di istana negara: ‘buk, keknya kita tanya bagian informasi aja deh. kali aja bus yang dimaksud nenek bus yang ini nih’
‘he eh juga ya. tunggu duluk’

sambil nungguin barang bawaan takut kalo ada maling beha mengobrak abrik tas2 kita, aku dengerin ne yo pake mp4 player bulukan punyaku sambil ngeliatin sekitar. nyante aja aku ngeliatin bis yang tadi. emang bulukan tu bisnya, gak pernah dimandiin kali, kalah sama kebo tetangga sebelah. mana cat nya udah pada ngelupas kayak bisul pecah. gak lama, pak sopirnya dateng trus buka pintu bisnya. wadu kasian juga tu sopirnya gendut mau manjat ke tempat sopir malah kayak karung beras nyantol kiwir2 gitu di pintu bisnya.

pas asik2nya ngeliatin pak sopir yang bergelantungan itu, tiba-tiba aja:

‘nduk, kita naek bis yang ini!!!!

apppahhh?

keknya aku kualat sama pak sopir itu. sekarang malah aku yang keliatan kayak gorila menjarah toko beras gara2 bawa dua tas bawaan yang segede perut pak sopir itu sambil lari2. maunya aku tereakin sopirnya ‘pakkk ampunilah diriku. lepaskan kutukan ini atau kukentuti dirimu!’ tapi berhubung takut si sopir ngambek terus nangis minta balon segitiga sambil gelantungan di pintu, akhirnya aku cuman tereak: ‘tungguinnnn donggg’

akhirnya duduk di bangku nomer dua deh.

naek bus capek banget. mana ngantuk, tidur tapi gak bisa pewe. sempit banget. kalopun bisa tidur, badan kejedot kanan kiri kalo bis nya lagi belok. kayak penumpang di bangku depanku. bapak2 umuran 30 an gitu. tidur pules sambil mangap ke atas. pengen banget ambil foto, tapi apa daya baterai kamera ada di tas pakaian. mana hape lagi dipake nelpon ibuku. mangap. bener2 M-A-N-G-A-P. untungya dia ga pake gigi emas. kalo engga bisa kecopetan tu orang. copetnya bisa dapet gusi sekalian. bisa jadi inovasi baru kebanggaan indonesia di ajang miss universe: ‘putri raemawasti memakai mahkota emas bertahtakan gusi’. fenomenal!

nah, lagi asik2nya bapak itu mangap, tiba2 aja bis lewat belokan tajem. kontan aja dia oleng ke samping dan… JEDUKKK!
ya ampun, bpk itu jatoh aja gitu kejedot kursi di seberangnya. bener2 kejedot. badannya aja udah jatoh ke lantai bus. jelas aja dia bangun sambil meringis kesakitan. gebleknya, dia belum ‘ngeh’ juga apa yang terjadi. kedip2 aja gitu kayak ikan cupang minum bensin. barulah beberapa detik kemudian dia sadar bener. langsung merah tuh mukanya nahan malu, ikan cupang pun berubah jadi lohan merah habis nelen kelereng. mukanya merah, jidatnya agak benjol gitu.

~ oleh dyahchimu pada Juli 12, 2008.

6 Tanggapan to “Chimu pergi ke kota: Let’s cabut, mak!”

  1. Wis ketularan RADIT y..opo dokter ngocol?

  2. embuh😀

  3. huwooooohhhhhh….

    inginnya aku jadi mp4 mu yang jadi saksi bisu bapak-bapak-kejedot-lantae-bus

    huwaaaaaaak2…

    salam bwat m22 yup…. :”>

  4. wek, sempet2nya lu dengerin mp4. orba lu??
    aku aja eneg ma mp4 (eh mp4 apa p4 ya??) bikin puyeng bokong!!

    kasian tu bapak, jadiin bapak angkat aja, bisa bikin rekor poli-bapak (tapi kasian mami-mu ding hik…hik…hik…)

    bdw, salam kenal..

    antek-nya bantal (uuuh i luph my pillow, bau2 dikit tp….)

  5. Hwakakakak….

    enak buat maem-an sblm saurr..

  6. Hwakakakak….

    cupangnya
    enak buat maem-an sblm saurr..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: